Loading...

Kumpulan Produk Layanan Google Terbaru

google product

Google merupakan sebuah perusahaan internet terbesar di dunia. Banyak produk yang telah dikeluarkan google. Raksasa teknologi ini membuat pelbagai macam layanan guna memudahkan pekerjaan manusia. Produk google yang paling banyak digunakan orang orang di seluruh dunia adalah google search engine (Google Pencarian) . Google merupakan salah satu search engine terbesar dan paling banyak digunakan orang untuk mencari informasi. Namun, Google tidak hanya sebagai search engine. Google memiliki berbagai layanan dan tool-tool yang dapat kita gunakan untuk segala aktivitas kita.
layanan google
Berikut adalah macam-macam produk layanan google yang perlu anda ketahui. Jenis Produk google ini mungkin sebagian dari anda sudah banyak yang menggunakannya dan sebagian lagi mungkin anda baru mendengarnya. Namun sebagian layanan google tidak bisa dinikmati sebagian warga dunia, baca Negara yang blokir google dan facebook. Selengkapnya tentang produk google simak bahasan berikut .
Produk Layanan Google Yang Perlu Anda Ketahui
  1. Google Search Engine (Mesin Penelusuran/Pencarian). Google search merupakan layanan paling populer di antara produk google lainnya. Anda bisa mencari apapun dengan menggunakan google search. Google pencarian sendiri sudah tersedia dalam berbagai bahasa. contohnya Bahasa Indonesia. 
  2. Youtube. YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
  3. Google mail (Gmail). Gmail adalah layanan email gratis populer selain yahoo mail, diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta.Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.
  4. Blogger. Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.
  5. Google Translate. Google Translate adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. saat ini google translate sudah mendukung 72 bahasa di dunia.
  6. Google Trends. Google trend adalah layanan google yang membantu anda untuk melihat trend kata kunci (keyword) populer yang paling dicari dari berbagai pelosok dunia. google trend juga bisa digunakan untuk mencari trend dari negara tertentu.
  7. Google AdSense. Google AdSense adalah layanan periklanan google dengan sistem Pay Per Click ataupun AdSense for Search. Pemilik blog yang telah disepakati bisa memasang iklan untuk mendapatkan pemasukan dan penghasilan dari setiap iklan yang di klik visitor dan tergantung kesepakatannya. Kegunaannya bisa menjadi salah satu cara untuk memonetisasi blog anda. 
  8. Google adword. Google AdWords adalah kebalikan dari google adsense dimana sang pemilik blog/ website yang memasang iklan pada jaringan advertising google. Saat ini google adword merupakan layanan marketing terbaik untuk mempromosikan produk anda di jaringan periklanan google.
  9. Google Code. Google Code adalah situs untuk peralatan pengembang, API, dan rujukan teknis Google. Situs ini antara lain berisi dokumentasi cara penggunaan peralatan pengembang dan API Google, termasuk kelompok dikusi dan blog bagi para pengembang aplikasi yang menggunakan produk pengembang Google.
  10. Google Chrome. Google Chrome adalah sebuah browser yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek open source sendiri dinamakan Chromium.
  11. Android. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti smartphone dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
  12. Google Public DNS. Google Public DNS adalah sebuah layanan DNS (Domain Name System) gratis yang diumumkan pada tanggal 3 Desember 2009, sebagai bagian dari usaha Google untuk membuat penggunaan World Wide Web lebih cepat.
  13. Google webmaster. google webmaster merupakan layanan google untuk menganalisa website atau blog. Fitur yang tersedia diantaranya adalah melihat statistik website seperti traffic, backlink, kata kunci, cek error website, kesehatan website, dan masih banyak lagi. Tool ini wajib dipakai oleh pengelola blog atau website.

14. Google Analytic. google analytic fungsinya tidak beda jauh dengan google webmaster karena secara tidak langsung , google analytic juga merupakan salah satu komponen dari gogle webmaster. Google analytic berfungsi untuk melihat statistik dari suatu blog atau website.
15. Google Picasa.  Layanan google ini merupakan layanan photosharing. Layaknya Flickr. Picasa album juga menjadi salah satu alternatif photosharing jika anda memiliki akun google.Kegunaanya bisa anda manfaatkan jika anda ingin mengupload foto untuk blog anda dan tak ingin memakan spasi pada blog dengan hosting sendiri.
16. Feedburner. Feedburner adalah tool berbasis web yang membantu pemilik blog dan podcaster untuk mengorganisir RSS feed dan mencatat kegunaan dari subscriber mereka. Penggunanya dapat mencari tau seberapa banyak orang yang telah mensubscribe feed meraka dan program apa yang dipakai untuk mensubscribenya. Kegunaanyaanda bisa mengolah atau menganalisis blog anda salah satunya dari jumlah subscriber yang membaca blog anda. Feedburner juga memungkinkan untuk melakukan monetisasi melalui pilihan advertising system Feedburner.
17. Google Blog Search. Blog Search adalah teknologi Google Search yang terfokus pada pencarian blog. Dengan google blog search anda bisa mencari blog-blog yang lebeih relevan dengan topik yang anda inginkan.
18. Google plus (G+). Google Plus adalah jejaring sosial layaknya facebook dan twitter yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011.
19. Google Friend Connect. Google Friend Connect memperbolehkan anda menambah snippet ke dalam blog anda yang mempermudah blog anda dengan fitur social seperti registrasi, invitasi, galeri member dari blog anda, posting pesan dan komentar author. Kegunaanya sebagai tool yang bagus untuk membangun komunitas pembca bagi blog anda.
20. Google Docs. Google Docs adalah layanan pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi berbasis web gratis dari google. Aplikasi cloud ini membantu anda membuat dokumen secara online baik secara kolaboratif dengan teman dan real-time autosaving.
21. Google News. Satu lagi layanan untuk membantu anda melihat berita-berita terkini dari google dan bisa anda filter dengan topik yang anda inginkan. Bagus untuk sumber inspirasi tulisan blog anda. Kegunaanya bisa dijadikan sumber berita untuk tulisan blog anda.
22. Google earth. Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.
23. Google Sites adalah aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat[. Google Sites disiapkan sebagai pengganti dari Google Page Creator. Situs yang dibuat akan memiliki alamat http://sites.google.com/site/username/
24. Google Book. google Buku atau Google Books adalah sebuah layanan mesin pencari buku oleh Google. Dengan mesin pencari buku ini, pengguna dapat mengetahui pengarang, jumlah halaman, tahun terbitan, dan membeli buku tersebut. Pengguna juga dapat melihat cuplikan isi buku yang dibatasi.
25. Google Drive. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.
26. Google Play. Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis cloud. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV.
27. Google Maps. sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com. Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, Bulan, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di U.S., Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina, UK, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa.
28. Google Grup. Google Groups adalah suatu layanan dari Google yang meyediakan kelompok diskusi atau forum internet. Pembuatan dan keikutsertaan dalam grup bersifat gratis. Pengguna dapat berpartisipasi dalam percakapan pada utas diskusi baik melalui antarmuka web maupun surel.
29. Google Videos. Google Video merupakan layanan saling berbagi video (sharing video) dari situs Google. Lewat layanan ini bahkan pengguna Blogspot/Blogger tidak perlu login untuk dapat memajang video sebagai suntingan. Google Video menyediakan layanan video yang mudah digunakan
30. Google Alerts. Google Alerts adalah update-update email dengan hasil yang sangat relevan berdasarkan topic yang anda pilih.
31. Google Calendar. Google Calendar merupakan layanan pengatur kalender kegiatan, event atau acara apa saja. Untuk anda yang mempunya jadwal yang ketat dalam menulis tulisan yang berkualitas google calendar ini dapat anda manfaatkan sebagai organizer online anda.
32. Google Desktop. aplikasi desktop dari google yang memudahkan anda mengakses seluruh layanan google dari desktop anda. Di disain untuk memudahkan melakukan perncarian di komputer anda semudah melakukan pencarian di google search.Kegunaanya membantu jika anda ingin mengefesiensikan waktu anda dalam menulis blog dan menggunakan resource-resource dari google.
33. Google Toolbar. Jika anda ingin menambahkan extension browser Firefox anda, Google Toolbar hadir dengan integrasi dengan produk-produk google yang bisa anda manfaatkan. Fiturnya seperti bookmark dari layanan google bookmarks, sugeesti dalam pencarian, send-to yang akan mengirimkan halaman blog atau situs kepada teman anda melalui gmail, blog, atau SMS. Kegunaanya sebagai tambahan extension pada browser untuk mengefisiensikan waktu pencarian untuk keperluan tulisan blog anda.
34. Google Mars. Google bekerja sama dengan peneliti NASA di Arizona State University telah menciptakan peta Google untuk mengeksplorasi Mars. Hal ini mirip dengan Google Earth yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk menjelajahi tempat-tempat dan lokasi di planet tersebut. hijau. 
35. Google Scholar. olusi sederhana bagi pengguna untuk mengeksplorasi karya orang lain seperti sastra, tesis, penerbit akademik, repositori online, abstrak, dan opini pengadilan. Meskipun cukup luas, pengguna dapat menemukan berbagai karya yang dapat mereka gunakan untuk studi mereka. 
36. Google Art Project. Situs ini mirip dengan tampilan jalan. Pengguna dapat mengambil virtual tour museum dan galeri seni. Ini pengalaman seni yang unik didirikan oleh Google bekerjasama dengan 151 mitra seni yang sudah diakui di 40 negara. Dengan kombinasi teknologi yang kuat Google dan ahli informasi dari museum mitra, raksasa teknologi telah berhasil memberikan proyek seni yang kuat bagi pengguna. 
37. Google Moderator. Business Insider menggambarkan Google Moderator sebagai sebuah forum terbuka untuk membahas topik. Pengguna dapat menciptakan serangkaian tentang apa pun yang mereka minati, membukanya untuk ide-ide, saran dan bahkan pertanyaan. Ini disebut pengajuan dan terbuka bagi siapa saja yang datang ke situs ini. 
38. Google Think. adalah situs yang membantu pengiklan dan profesional yang sama untuk mendapatkan wawasan pemasaran dan inspirasi langsung dari Google. Situs ini berisi studi penelitian kasus, dan wawancara yang pasti akan menginspirasi pengguna. 
39. Encrypted Search. adalah cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk mencari sesuatu hal. Situs ini menggunakan Secure Socket Layer (SSL) yang dapat digunakan oleh bank secara online. Layanan ini hadir sejak bulan Mei 2010 dan dapat diakses di encrypted.google.com. 
40. iGoogle. iGoogle adalah halaman homepage yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan anda. Banyak wigdet yang tersedia di iGoogle yang lebih memperkaya informasi pada halaman homepage broeser anda. Kegunaanya mensentralisasi semua kebutuhan informasi yang bisa anda gunakan untuk penulisan artikel blog anda pada satu halaman yang terpadu. Yang perlu diingat iGoogle memerlukan setting penerimaan cookies yang aktif pada browser anda.
Itulah beberapa layanan google yang perlu anda ketahui. Di lain waktu akan saya tambahkan list atau daftar produk google karena sebenarnya masih banyak lagi prouk google yang lainnya.

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP