Loading...

Download Makalah Tentang Unsur-Unsur Karya Sastra

Download Makalah Tentang Unsur-Unsur Karya Sastra merupakan file makalah yang siap edit. Jika anda membutuhkan silahkan download pada link yang sudah disediakan di bawah ini. Namun sebelum anda mendownloadnya, berikut ada ini ada uraian tentang pendahuluan, tujuan serta rumusan masalah yang nanti ada pula dalam file makalah tersebut. 

Gambaran pendahuluan, tujuan serta rumusan makalah:

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur ekstrinsik berperan sebagai unsur yang memengaruhi bagun sebuah cerita. 

Unsur ekstrinsik pun terdiri atas beberapa unsure :

Keadaan subjektivitas individu pengarang yang memiliki sikap, keyakinan, dan pandangan hidup yang semuanya itu mempengaruhi karya sastra yang dibuatnya.
Keadaan psikologis pengarang, pembaca, maupun penerapan prinsip psikologis dalam karya.
Keadaan lingkungan pengarang, seperti ekonomi, sosial, dan politik.
Pandangan hidup suatu bangsa, berbagai karya seni, agama, dan sebagainya.

Latar belakang kehidupan pengarang sebagai bagian dari unsur ekstrinsik sangat mempengaruhi karya sastra. Misalnya, pengarang yang berlatar belakang budaya daerah tertentu, secara disadari atau tidak, akan memasukkan unsur budaya tersebut ke dalam karya sastra.

Menurut Malinowski, yang termasuk unsur budaya adalah bahasa, sistem teknologi, sistem mata pencaharian, organisasi sosial, sistem pengetahuan, religi, dan kesenian. 

Unsur-unsur tersebut menjadi pendukung karya sastra. Sebagai contoh, novel Siti Nurbaya sangat kental dengan budaya Minangkabau. Hal ini sesuai dengan latar belakang pengarangnya, Marah Rusli, yang berasal dari daerah Minangkabau. 

Selain budaya, latar belakang keagamaan atau religiusitas pengarang juga dapat memengaruhi karya sastra. Misalnya, Danarto dalam novel Kubah, atau Habiburahman El-Shirazi dalam Ayat Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih.

Latar belakang kehidupan pengarang juga penting dalam memengaruhi karya sastra. Sastrawan yang hidup di perdesaan akan selalu menggambarkan kehidupan masyarakat desa dengan segala permasalahannya. Misalnya, dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari.

Dengan demikian, unsur ekstrinsik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bangunan karya sastra. Unsur ekstrinsik memberikan warna dan rasa terhadap karya sastra yang pada akhirnya dapat diinterpretasikan sebagai makna. Unsur-unsur ektrinsik yang mempengaruhi karya dapat juga dijadikan potret realitas objektif pada saat karya tersebut lahir. Sehingga, kita sebagai pembaca dapat memahami keadaan masyarakat dan suasana psikologis pengarang pada saat itu.

Tujuan
Siswa dapat menjelaskan tentang unsur-unsur karya sastra.
Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok penting yang berhubungan dengan unsur-unsur karya sastra.

Rumusan Masalah
Unsur-unsur karya sastra?
Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik karya sastra?

Itulah gambaran pendahuluan, tujuan serta rumusan makalah ini. Untuk makalah yang dimaksud dapat dilihat dengan mengklik Download Makalah di bawah ini. 

 Semoga Bermanfaat Yah!

1 comments:

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP