Loading...

Cara Mengatasi dan Melewati Pemeriksaan Keamanan Facebook

facebook
Facebook merupakan sarana social media paling populer di dunia. Walaupun sebagian orang berpendapat bahwa pengguna facebook cenderung menurun, tapi menurut saya tingkat popularitas facebook belum menurun. Berita terbaru, Untuk menarik pengguna facebook sudah mengubah tampilan terbarunya.
Semakin hari facebook semakin ketat dalam mengamankan akun penggunanya. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan pemeriksaan keamanan / check point. Mungkin anda pernah merasakan adanya pemeriksaan keamanan / check point di facebook.

Penyebab adanya pemeriksaan keamanan/ check point di facebook

Ada berbagai penyebab anda harus melewati checkpoint sebelum masuk ke facebook. Diantaranya adalah Anda terlalu banyak membuat akun facebook (istilah gaulnya facebook klonengan) sehingga facebook menganggap ini sebagai spam. Selain itu membuka / login dengan banyak akun facebook dalam satu komputer juga melanggar kebijakan facebook. Facebook bisa merekam aktifitas di komputer anda melalui cookie yang tersimpan. Apakah menghapus cookie secara berkala dapat mencegah adanya pemeriksaan keamanan facebook ? Tidak juga , Mengapa? Anda jawab sendiri deh, :)

Beberapa tipe pemeriksaan keamanan faceboook

  1. Nomor Telepon , Nomor handhpone biasanya menjadi prioritas atau syarat utama keamanan facebook. walaupun ini tidak mutlak, tapi nomor handphone yang terhubung dengan facebook sangat penting untuk menjaga keamanan facebook. Anda biasanya akan diminta memasukan nomor telepon. Pemeriksaan keamanan dengan memasukan nomor handphone menurut saya sangat mudah untuk dilewati. Anda tinggal memasukan nomor telepon anda.
  2. Identifikasi Photo Teman . Pemeriksaan keamanan dengan identifikasi foto teman menjadi hal yang sangat ditakuti oleh pengguna facebook terutama facebook kloningan. Lain halnya jika anda memang mengenal teman-teman facebook anda, maka pemeriksaan keamanan ini akan dilewati dengan mudah. Ada dua tipe pemeriksaan keamanan facebook dengan identifikasi photo. Yang pertama adalah facebook menampilkan photo teman anda dan menampilkan pilihan nama pemilik photo tersebut. Tipe yang kedua adalah facebook menampilkan foto teman anda untuk diidentifikasi , tapi bedanya anda tidak dikasih pilihan oleh facebook siapa pemilih photo tersebut. Jadi untuk tipe yang kedua anda harus mengetikkan nama teman anda yang mempunyai photo itu. 
  3. Unggah dokumen. Pemeriksaan keamanan yang ketiga adalah dengan mengunggah dokumen sebagai konfirmasi bahwa anda adalah pemilik akun tersebut. Dokumen yang diunggah bisa berupa KTP atau ID lainnya . Biasanya facebook akan meminta 2 dokumen. Bagi pemilik akun resmi yang data diri di facebooknya sama dengan data diri KTP atau Identitas lainnya mungkin ini tidak akan menjadi masalah. Tapi sebaliknya bagi para facebooker alay yang namyanya bisa sepanjang 100 karakte tanpa spasi ini akan menjadi momok yang menakutkan karena sudah pasti data diri di facebook tidak sama dengan ID resmi dan kalaupun anda mengupload dokumen, sudah pasti facebook akan menolaknya.. :-)

Cara Mengatasi dan melewati pemeriksaan keamanan/ check point di facebook

Saya akan berikan tips untuk melewati checkpoint (berdasarkan pengalaman). Sebelumnya saya kasih contoh screen shoot pemeriksaan keamanan facebook.
checkpoint
Pemeriksaan kemanan identifikasi photo teman versi 1
pemeriksaan keamanan facebook
Pemeriksaan kemanan identifikasi photo teman versi 2

Cara mengatasi pemeriksaan keamanan facebook versi 1

Untuk yang pertama, ini relatif lebih mudah . Caranya adalah bukalah akun facebook lain ( tentu saja harus dari browser lain/komputer lain) . Jika memang anda tidak mengenal siapa pemilik foto, anda tinggal cari saja nama-nama yang ada dalam pilihan dari facebook yang dibuka dari browser lain tadi satu persatu. copy namanya dan paste di kotak search facebook. kemudian lihat fotonya. setelah anda tau siapa pemilik photo itu silahkan pilih kemudian lanjut ke identifikasi photo berikutnya. Begitulah seterusnya sampai dengan kelompok photo yang kelima.
Penting , Jika anda terlalu lama menyelesaikan soal ini, maka anda tetap tidak akan bisa login ke facebook walaupun jawaban anda benar. Idealnya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan identifikasi photo ini adalah 1-2 menit . kadang-kadang 2 menit pun masih dianggap terlalu lama. Tips nya adalah , ingat -ingat jawaban yang anda pilih yang menurut anda 100 persen benar. bila perlu simpan screen shootnya.  Ingat jangan putus asa jika anda gagal , silahkan coba lagi 1 atau 2 jam kemudian. Saya kadang bisa sampai 3-4 kali mencoba untuk melewati identifikasi photo sampai berhasil. Jika anda berhasil maka anda akan mendapatkan pesan terima kasih anda telah melewati pemeriksaan keamanan. Dan selanjutnya anda akan sudah bisa mengakses facebook anda kembali.

Cara mengatasi pemeriksaan keamanan facebook versi 2

Cara mengatasi checkpoint versi kedua ini sebenarnya tidak beda jauh dengan yang versi pertama, bedanya adalah facebook tidak memberikan pilihan jawaban. Cara mengatasinya adalah dengan anda menyimpan semua photo-photo teman anda(tentu saja harus membuka facebook lain untuk melihat photo teman anda). Menyimpan photo satu persatu tentu sangat membosankan. cara cepatnya adalah dengan membuka facebook teman anda, bukalan fotonya dan ambil screen shoot beberapa photo. Satu screen shoot berisi 6-9 photo. Ini tentu lebih efisien jika anda harus menyimpan photo teman satu persatu. 
Pertanyaan selanjutnya bagaimana saya mengetahui nama teman-teman saya sedangkan facebook saya sendiri tidak bisa dibuka? Dalam screen shoot versi 2  di atas, kan ada pilihan enter friend name , ketik di kotak tersebut  huruf a, maka nama-nama teman -teman anda yang mengandung huruf awalan "a" akan muncul. simpan nama-nama tersebut. Selanjutnya ketik huruf "b" dan catat lagi nama-nama yang ditampilkan. Demikian seterusnya sampai huruf "z". Setelah melakukan semua proses di atas I(menyimpan nama teman anda dan menyimpan photo2 teman anda) serta anda yakin sudah mengetahui nama teman anda maka isikanlah jawaban anda pada kotak yang tersedia . Minimal mencoba 2 kali untuk melewati pemeriksaan keamanan dengan identifikasi photo teman. Jika anda gagal mengakses akun facebook karena terlalu lama menjawab, anda bisa mencobanya lagi nanti . tunggu  1-2 jam kemudian.
Itulah tips ampuh mengatasi pemeriksaan keamanan / check point facebook. Mungkin dalam hati anda menggerutu karena cara yang saya sajikan sangat ribet dan memakan waktu. Sekarang semuanya terserah anda. Kan anda sendiri yang menginginkan akun facebook anda kembali. Jika memang facebook tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting untuk anda, maka cara di atas bisa anda terapkan. Tapi sebaliknya jika anda merasa akun facebook yang diblokir itu tidak penting , untuk apa anda membuang tenaga dan waktu. Keep smile ..

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP