Loading...

Cara Mencegah Flu Di Musim Dingin

Flu atau pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang ketika pertahanan tubuh dalam kondisi lemah. Kondisi dapat terjadi akibat keletihan saat bekerja, tenaga berkurang ditambah lagi dengan cuaca yang tidak menentu, menyebabkan seseorang dapat diserang oleh penyakit ini. Virus Influenza memang masih dikategorikan virus lemah dalam arti ia tidak memiliki dampak fatal bagi orang yang diserangnya. Meskipun demikian gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini terasa hingga ke seluruh tubuh, kondisi tubuh yang lemah, sakit kepala, ingus bening di hidung, badan terasa panas, menjadi ciri khas yang dibawa olehnya. Sehingga tidak ada alasan menganggap setiap penyakit seperti halnya flu untuk diremehkan.

Apapun itu, yang namanya penyakit wajib kita cegah walaupun kita tidak mampu mengobati hingga penyakit itu hilang selama-lamanya. Akan tetapi usaha pencegahannya dapat kita lakukan dengan cara mengenali gejala awal dari penyakit tersebut misalnya pada flu itu sendiri. Mengingat pentingnya kita mengetahui gejala penyakit flu ini, kemudian kita mengupayakan pencegahan sebelum mengakibatkan proteksi imun (kekebalan) dalam tubuh kita menurun. Alangkah baiknya kita mengetahui cara-cara pencegahannya.

Berikut ini, ada 10 (sepuluh) cara menangkal flu seperti yang dilansir ivillage yang dikutip oleh merdeka.com.
  • Cuci tangan sampai siku

Sementara mencuci tangan secara teratur adalah salah satu tips untuk menghindari sakit di musim dingin dan flu, menggosok tangan sampai ke siku akan menjadi lebih efektif.
Studi menunjukkan bahwa lengan mempunyai bakteri lebih banyak dari ketiak Anda. Maka cucilah tangan dan lengan secara teratur dengan sabun, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah Anda untuk menghilangkan kuman penyebab flu.
  • Keringkan tangan yang basah dengan tisu

Mengeringkan tangan sama pentingnya dengan cuci tangan. Jika Anda menggunakan kembali lap yang sama agar tangan kering kuman malah akan tersebar. Lebih baik gunakan tisu yang sekali pakai lalu dibuang agar tidak ada kuman yang masih menempel dan mencegah penyebaran virus.
  • Aktivitas outdoor

Saat udara dingin mungkin Anda lebih memilih untuk diam di rumah agar tidak terserang flu. Hal ini tidak benar. Menghabiskan waktu di luar rumah bisa mencegah pilek, tapi mungkin menjadi kunci untuk tetap sehat saat udara dingin. Karena sering beraktivitas di luar ketika dingin, kita mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik.
  • Memotong kuku

Memiliki panjang, kuku terawat mungkin terlihat cantik, tetapi mereka dapat menjadi tempat berkembang biak bagi kuman. Peneliti di University of Michigan menemukan bahwa wanita dengan kuku panjang sekitar tiga milimeter melewati ujung jari memiliki bakteri penyebab penyakit di bawah kuku mereka. Maka dari itu rajinlah memotong kuku Anda.
  • Konsumsi jahe

Jahe mengandung lebih banyak sifat anti-virus yang membantu untuk melawan beberapa virus penyebab pilek dan flu. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat antibakteri, dan dapat membantu dalam mencegah beberapa infeksi. Tambahkan jahe dalam seduhan teh Anda setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama musim dingin.
  • Bercinta

Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang berhubungan seks 1-2 kali per minggu memiliki kadar imunoglobulin A (IgA atau), yang dapat melindungi Anda dari flu dan infeksi lainnya. Bercinta akan membuat tubuh tetap hangat dan membakar kalori. Ini cara yang asyik daripada vaksinasi flu!
  • Tidur malam minimal tujuh jam

Untuk mencegah flu Anda harus mendapatkan tidur malam yang cukup. Jika Anda sakit musim dingin ini dan flu, tidur sebanyak yang Anda bisa. Istirahat ekstra memungkinkan tubuh untuk pulih dari pilek dan flu lebih cepat.
  • Konsumsi echinacea dan vitamin C

Memasuki musim penghujan adalah waktu yang tepat tahun untuk mulai mengambil dosis harian vitamin C dan Echinacea untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Keduanya membantu memperkuat sistem kekebalan serta menghangatkan tubuh Anda.
  • Jaga kaki tetap hangat

Menjaga kaki tetap hangat dapat mengurangi kesempatan Anda terkena flu sebanyak 67 persen. Anda bisa menggunakan sandal rumah atau kaus kaki nyaman saat musim dingin tiba. Hal tersebut bertujuan melebarkan pembuluh darah Anda dan memungkinkan sel-sel kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh yang rentan penyakit.
  • Berpikiran positif

Menjaga pikiran tetap positif juga dapat membuat Anda sehat selama cuaca dingin. Mereka yang yang selalu muram dan sedih mempunyai risiko terserang virus flu tiga kali lebih besar daripada orang yang selalu ceria. Untuk itu, jangan biarkan sedih berlarut-larut dalam kehidupan Anda.
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Itu kata bijak yang memang wajib untuk kita yakini, karena mengobati itu tidak akan menyelesaikan masalah penyakit itu sendiri namun justru suatu ketika penyakit itu akan datang lagi. Berbeda halnya ketika kita sudah mengetahui gejalanya, maka kita dapat dengan mudah mengupayakan pencegahan dari penyakit semisal flu yang disebabkan oleh virus influenza ini.

Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP