Loading...

Pengertian Inovasi Atau Pembaharuan Menurut Para Ahli

Mungkin anda sering mendengar istilah inovasi/pembaharuan. Sepintas kita mengartikan inovasi itu adalah sebagai sebuah proses mengubah sesuatu. Namun apakah sebenarnya inovasi itu?

Sejak awal milenium III, Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang sangat pesat. Ini ditandai dengan adanya kemajuan dan penemuan-penemuan baru di segala bidang. Misalnya kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi yang sangat menonjol sehingga menghasilkan penemuan baru di bidang komunikasi dan informasi tersebut, contohnya kompuer dengan sistem jaringan komunikasi internasional (internet), handphone, dan lain-lain. 

Kemajuan teknologi tersebut mengakibatkan adanya perubahan di berbagai bidang kehidupan, yaitu perubahan terhadap sarana kehidupan, pola tingkah laku masyarakat, tata nilai, sistem pendidikan dan pranata sosial. Perubahan ini menuntut manusia untuk menciptakan, memanfaatkan dan mengembangkan lingkungannya bagi kesejahteraan hidupnya. 

Segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia dan dirasakan sebagai hal yang baru oleh seseorang atau masyarakat sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupannya dikenal dengan istilah "inovasi". Dalam kamus besar Bahasa Inggris E. Echols, inovasi (innovation) sebagai pembaruan atau perubahan secara baru. Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang pengertian inovasi dan jugauntuk memperoleh wawasan Anda, berikut ini akan diuraikan pengertian inovasi menurut beberapa pakar. 

1. Donald P. Ely, 1982, Seminar an Educational Change

An Innovation is an idea for accomplishing some recognize social end in a new way for a means of accomplishing some new social end. 

2. M. Rogers, 1983

An Innovation is an idea, practice, or object that is perceived as new by and individual. It matters little, so far as human behauvior is concerned, whether or not an idea is "objectively" new as measured by the lapse of time since its first use or discovery. The preceived newness of the idea for the individual determines his or her reaction to it. If the idea seems new to the individual, it is an inovation. 

3. Zaltman, Duncan Holbek, 1973, page. 7

The term innovation is usually employed in three different contexts. In one context, it is synonymous with invention; that is, it refer to a creative process where by two or more existing concepts or entities or combined in some novel way to produce a configuration not previously on creativity treats the term innovation in this fashion. 

Dari beberapa pengertian inovasi di atas dapat kita lihat bahwa tidak terjadi perbedaan yang mendasar tentang pengertian inovasi antara satu dengan yang lain. 

Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa inovasi merupakan suatu ide, hal-hal yang praktis, metode, cara, barang-barang, yang dapat diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat). Jadi, inovasi/pembaruan penemuan ddiadakan untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan.

Contoh inovasi yang paling sederhana dapat kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya saja pada alat berhitung. 

Dahulu orang menggunakan jaring atau kerikil sebagai alat penghitung, kemudian muncul "swimpoa" yang digunakan untuk penambahan dan pengurangan, swimpoa mudah dibawa kemana-mana. Bentuknya berupa kerangka kayu dengan manik-manik pada batang-batangnya. Perkembangan selanjutnya mulai ditemukan mesin hitung dan alat-alat bertenaga listrik yaitu kalkulator.

Dengan alat tersebut dapat menghitung jauh lebih cepat dan jarang salah.

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP