Loading...

Tips Sederhana Cepat Bagun Sahur

Nuansa bulan suci Ramadhan menarik untuk kita telusuri. Berbagai hal yang telah kita persiapkan mulai dari menyambut, mempersiapkan, menjalani hingga menutupi bulan dan merayakan kemenangan Hari Raya 'Idul Fitri. 

Aktifitas serba mengesankan pastinya diperhatikan ekstra oleh mereka-mereka yang menjalani ibadah di Bulan ini. Termasuk aktifitas saat sahur dengan gaya dan perkutikan metode bagun yang sehat tanpa ada rasa jenuh dan perih. 

Berikut ini ada beberapa tips sederhana agar cepat bangun di saat waktu sahur.


1. Tidur lebih awal 

Bulan suci Ramadhan yang sarat akan ibadah di dalamnya, mulai dari ibadah utama yaitu puasa, shalat, dzikir, tilawatil qur'an dan masih banyak lagi. Tentu saja merupakan rutinitas yang menyita tenaga dan aktifitas pikiran. Sehingga efek yang dirasakan terlihat pada malam hari. 

Rasa capek dan keletihan akibat dari akifitas kerja di tambah dengan kondisi raga yang sedang berpuasa, mengundang rasa kantuk yang amat pada malam hari. Jika kita merasakan kondisi yang seperti ini pada malam itu, maka penuhi lelap kantuknya. Karena memaksa diri untuk begadang akan memberikan dampak anda akan sulit untuk bangun di waktu makan sahur. 

2. Bunyikan Alarm

Setiap rumah pasti memiliki beberapa perangkat alarm yang sedianya dapat membantu anda untuk membangunkan di saat bagun sahur. Beberapa perangkat tersebut antara lain, jam beker, handphone, televisi serta alarm itu sendiri. 

Alarm dapat membantu anda mempercepat bangun di saat sahur. Cukup anda mengatur (setting) waktu dan nada alarm tersebut, alarm tersebut akan mengguncang ruangan tempat tidur anda. 

3. Titip Pesan Melalui Bantal Tidur

Wow...! Pastinya ini sangat tidak masuk akal, bukan? Tetapi ada sebagian orang menganggap bahwa bantal tempat tidur anda memiliki mitos ajaib. Di mana ia dapat membagunkan orang yang sedang tidur tanpa orang tersebut menyadarinya. Entah kekuatan, kemampuan apa yang dimiliki bantal (strep benda mati) dapat membangunkan orang yang sedang tertidur. Tapi cobalah anda iseng-iseng saja tanpa harus menganggap bahwa bantal memang memiliki kekuatan mistis. 

Caranya adalah dengan menepuk bantal lalu membisikkan dari padanya pesan anda agar dibangunkan saat sahur nanti. 

4. Tidur dengan Teman Tidur

Teman tidur anda akan sangat membantu anda untuk cepat bangun sahur. Adalah dengan saling mengingatkan atau menitip pesan terhadap teman tidur anda maka dengan sendirinya masing-masing dapat menyadari bahwa anda harus bangun dan membangunkan teman tidur anda. 

Teman tidur anda adalah istri anda, anak-anak anda, saudara-saudara anda, pembantu-pembantu anda dan orang-orang yang ada di dalam rumah tersebut.
5. Berdo'a

Berdo'a dengan keyakinan penuh dalam hati dan diniatkan dengan tulus, anda dapat bangun dengan semestinya. Fokuskan niat tidur anda dengan niat bahwa anda akan bangun pada saat sahur. 

Anda pun tidak perlu harus menggunakan bahasa Arab untuk berdo'a. Cukup anda berdo'a dengan bahasa keseharian lalu tidur. 


Semoga anda dapat bangun tepat di saat sahur. Aamiin

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP