Loading...

Inilah 5 Hal Yang Harus Disadari Anak Dari Orang Tua



Apa yang anda pikirkan tentang posting kali ini? Adalah 5 hal yang harus disadari anak dari orang tua. Apakah yang terpikirkan adalah anak harus memberikan hadiah, berlian, permata, rumah, ibadah haji atau umrah, atau apa? 

Pengunjung yang dihormati dari ujung kaki sampai ujung rambut. Setelah anda membaca artikel tentang akan mengangkat topik tentang hal-hal apa saja yang oleh seorang anak harus dipersembahkan ke orang tuanya. Rubrik kali ini cukup simple namun reaksinya akan memuncratkan kepada anda yang menyandang status sebagai orang tua. Setelahnya anda akan sadar bahwa anda memiliki hak dan tanggung jawab sebagai orang tua terhadap sanak keluarga. 

Berbicara tentang hak atau tanggung jawab orang tua terhadap anak, tentu saja harus ada timbal balik antara hak dan tanggung jawab dari anak ke orang tuanya. Sejauh yang teramati bahwa anak di zaman ini sangat jauh untuk mengetahui apa hak orang tua terhadap mereka. 

Berikut ini ada beberapa hal yang anak harus tahu dan harus orang tua terima dari mereka. 

1. Orang Tua Dihormati

Sebagai seorang anak, pernahkah kita melakukan atau merasakan telah mengormati kedua orang tua kita? Please remember it! Jika belum, cobalah mulai sekarang kita sadari bahwa kita diharuskan untuk mengormati mereka. Minimal dengan berpamitan ketika keluar rumah atau mencium tangan orang tua ketika pulang dari sekolah, atau pulang dari kantor. 

Hindari kegengsian ini, agar kita tidak dihukumi telah mendurhakai mereka. 

2. Orang Tua Dita'ati

Jangan merasa karena sudah jadi orang (remaja atau dewasa) lantas sa'e na'e ule dewe. Menganggap orang tua "siapa sih, udah tua mendingan banyak ibadah!" Tolong yah? 

Kita sebagai anak harus selalu mentaati semua perintah orang tua dengan penuh sabar dan keikhlasan yang tinggi. Jangan sekali-kali berada di hadapan mereka dengan dada congkak atau sombong serta berbuat sesuka hati terhadap mereka. Hal itu akan membuat mereka sakit hati, kecewa dan terbawa pikiran baik secara langsung maupun tidak langsung. 

3. Orang Tua Pesuruh

Sejatinya hak orang tua adalah menyuruh atau memerintahkan anak-nya untuk melakukan ini dan itu. Hal itu dilakukan tidak lain karena orang tua sadar akan pentingnya masa depan bagi anak-anak mereka. Misalnya ketika orang tua menyuruhnya belajar, menyuruh menekuni profesi dengan sebaik-baiknya, disiplin waktu dan lain-lain. Jika si anak belum melakukan hal yang demikian, ketahuilah bahwa orang tua adalah manusia yang paling sabar untuk mengingatkan dan menyadarkan anak terhadap apa yang mereka harus lakukan. 

4. Orang Tua Pengatur

Mereka (orang tua) memiliki hak untuk mengatur anak-anaknya baik dalam hal memilih sekolah, pembagian tugas di rumah, menentukan tempat pendidikan yang baik ketika anak hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Di samping itu, orang tua juga berhak menentukan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan oleh anak-anaknya. 

5. Orang Tua Mengarahkan

Selain mengatur, orang tua juga memiliki hak mengarahkan anaknya saat mengambil suatu keputusan atau pilihan. Misalnya pada saat menentukan pilihan sekolah. Orang tua menginginkan anaknya masuk sekolah SMK, atau perguruan tinggi apa serta ruang lingkup pekerjaan mana. 

Oleh karena itu, seyogyanya anak pun tidak lantas menerima keputusan itu mentah-mentah dari orang tua, melainkan ia harus memberikan timbal balik berupa kepuasan dalam pengambilan keputusan. Seperti dengan mengatakan, "Ayah, sepertinya sekolah, perguruan tinggi, pekerjaan ini tidak cocok untuk saya karena ini dan itu." 

***

Itulah 5 (lima) hal yang harus di sadari anak bahwa orang tua memiliki hak terhadap mereka

1 comments:

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP