Loading...

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Dahulu, orang menggunakan alat pemerbsih yang ditemukan di alam, seperti cabang, ranting atau bambu. Kemudian orang yang memiliki keinginan utuk menciptakan alat pembersih yang baik, yaitu membuat sapu dari ranting atau lidi yang diikat. Dengan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, orang berpikir bagaimana menciptakan alat pembersih yang lebih canggih dengan menerapkan ilmu pengetahuan tersebut sehingga terciptalah mesin pembersih (vacuum cleaner) yang menggunakan listrik untuk menghisap debu. Pada saat ini alat tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat. 

Dari contoh di atas dapat kita lihat adanya inovasi, teknlogi dan modernisasi. Adanya keinginan untuk menciptakan alat pembersih dengan menerapkan ilmu pengetahuan sehingga tercipta alat pembersih baru yang lebih canggih dinamakan teknologi. Masyarakat yang menerima dan menggunakan alat pembersih vacuum telah mengalami modernisasi. Contoh-contoh lainnya dapat ditemukan pada perkembangan komputer, telepon, mobil dan lain-lain sebagainya. 

Dengan demikian inovasi, teknologi dan modernisasi tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Bila telah melekat kepada sesuatu yang baru dan sesuatu itu kemudian dimanfaatkan untuk diterapkan oleh pemakai. 

Berikut kita simak beberapa pengertian teknologi menurut pandangan para ahli.

1. Finn (1998)

Selain diartikan sebagai mesin, teknologi bisa mencakup proses sistem manajemen dan mekanisme pantauan, baik manusia itu sendiri atau bukan. Teknologi dalam pengertian luas adalah cara pandang terhadap masalah berikut lingkupnya, tingkat kesukaran, studi kelayakan serta cara mengatasi masalah secara teknis dan ekonomis. 

2. Simon - Saliburry (1996)

Simon yang dikutip oleh Saliburry mengemukakan, teknologi sebagai disiplin rasional yang dirancang untuk meyakinkan manusia akan keahliannya menghadapinya lam fisik atau lingkungan melalui penerapan hukum atau aturan ilmiah yang telah tentukan. 

3. Saettler - Saliburry (1996)

Saettler mengutip asal katanya - techne (bahasa Yunani), dengan makna seni, kerajinan tangan atau keahlian. Kemudian, Saettler menerangkan bahwa teknologi bagi bangsa Yunani kuno diakui sebagai suatu kegiatan khusus dan sebagai suatu pengetahuan.

Dari pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi. 
  1. Dapat diterjemahkan sebagai teknik atau cara pelaksanaan suatu kegiatan atau sebagian suatu proses, 
  2. Mengacu pada penggunaan mesin dan perangkat keras,
  3. Terkait dengan sifat rasional dan ilmiah,
  4. Menunjuk suatu keahlian, baik itu seni atau kerajinan tangan dan merupakan aplikasi dan ilmu pengetahuan.
-->

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP