Loading...

Pengertian dan Penjelasan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Karya Sastra

Pembaca pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Intrinsik dan Ekstrinsik. Adalah dua unsur utama dalam sebuah karya, baik itu karya sastra maupun non sastra. Unsur ini berguna untuk membedakan faktor-faktor kebahasaan di mana penulis bisa menjadikan unsur ini sebagai pengatur alur cerita atau tulisannya. Dengan kata lain, fungsi kedua unsur ini adalah sebagai parameter setiap tulisan yang bersifat naratif, eksposif, deskriptif dan seterusnya.

Karya sastra disusun oleh dua unsur yang menyusunnya. Dua unsur yang dimaksud ialah unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik ialah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari dalam yang mewujudkan struktur suatu karya sastra, seperti : tema, tokoh dan penokohan, alur dan pengaluran, latae dan pelataran, dan pusat pengisahan. Sedangkan unsur ekstrinsik ialah unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari luarnya menyangkut aspek sosiologi, psikologi, dan lain-lain.
Nah, lebih khusus kita membahas tentang unsur-unsur ini di dalam karya sastra, Silahkan Download Penjelasan Lengkapnya di Bawah ini:

Ada juga penjelasan Tentang Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Puisi, klik di bawah untuk Download. 


0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP