Loading...

Mengenal Meta Tag dan Urgensinya

Menurut kita yang baru mengenal blogspot atau membuat blog di blogger, istilah meta tag ini adalah hal yang benar-benar baru. Alasannya adalah meta tag ini berfungsi untuk memudahkan penelusuran untuk tiap-tiap posting di media search seperti google, bing, home search dan lain-lain. Banyak pula para blogger yang telah menjelaskan akan fungsi dan peran meta tag bagi blog. Di antara mereka ada yang mengatakan bahwa meta tag berfungsi untuk meningkatkan SEO Friendly, untuk meningkatkan visitor, memudahkan pencarian dan masih banyak alasan-alasan lainnya. Namun bagi kita, meta tag hanyalah pelengkap html di template blog, kemudiah perihal pencarian tergantung dari apa yang orang cari dan apa yang orang butuhkan melalui pencarian tersebut. Ini gambaran kita yang baru saja mengenal meta tag.

Sementara itu di wikipedia.org, Meta Tag (Elemen Meta) adalah HTML atau XHTML <meta … > elemen yang digunakan untuk memberikan terstruktur metadata tentang halaman Web . Beberapa elemen Meta dengan berbagai atribut yang sering digunakan pada halaman yang sama. Meta elemen dapat digunakan untuk menentukan halaman deskripsi, kata kunci dan lain metadata tidak disediakan melalui lain head elemen dan atribut.
Elemen meta memiliki dua kegunaan: baik untuk meniru penggunaan respon HTTP header, atau untuk menanamkan metadata tambahan dalam dokumen HTML.
Dengan HTML sampai dengan HTML 4.01 dan XHTML, ada empat atribut yang valid: content , http-equiv , name dan scheme . Dalam HTML 5 sekarang ada lima atribut yang valid, charset yang telah ditambahkan. http-equiv digunakan untuk meniru header HTTP, dan name untuk menanamkan metadata. Nilai pernyataan, dalam kedua kasus, yang terkandung dalam content atribut, yang merupakan atribut hanya diperlukan kecuali charset diberikan. charset digunakan untuk menunjukkan karakter set dokumen, dan tersedia dalam HTML5.
Elemen tersebut harus ditempatkan sebagai tag di head bagian dari HTML atau XHTML dokumen

Baru saja kita curhat dengan sahabat mengenai peningkatan kualitas blog untuk para friendly maupun para pengunjung blog, terlebih dalam hal memperlancar akses bisnis untuk para SEO blog dan lain-lain. Hanya permasalahannya adalah ketersediaan kita terhadap bahan postingan yang menurut pengunjung baru, unik dan memang dibutuhkan. Untuk urusan yang lain itu adalah urusan pengunjung. Tetapi yang pasti bagi kita adalah tetap memberikan yang terbaik, misinya untuk berbagi dan yang paling penting adalah kita juga belajar dari mereka-mereka yang telah terlebih dahulu memperkenalkan meta tag ini. 

Kemuidan meta tag ini, link blog http://superblogpedia.blogspot.com/2013/03/meta-tag-terbaik-blogger.html menjelaskan juga akan fungsi daripada meta tag ini. Uraiannya lebih kurang sebagai berikut.
Fungsi Meta Tag

Pada dasarnya meta tag terdiri dari beberapa tag elemen terpenting, diantaranya yaitu :
Meta tag description: Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi
contoh : <meta content=' Tulis deskirpsi disini'  name='description'/>
Meta tag keyword: Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine.
contoh : <meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, ...>
Meta tag robots: Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu website memakai frame untuk navigasinya
.
contoh : <meta name="robots" content="index follow">
Nah, tiga komponen meta tag penting ini jika dipadukan maka bentuknya seperti dibawah ini :

<meta content=' Tulis deskirpsi disini' name='description'/>
<meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
Itulah gambaran tentang Meta Tag, Urgensi serta fungsinya. Untuk mendapatkan cara menempatkan meta tag di template, anda dapat membukanya di Cara Terbaru Menempatkan Meta Tag Di Blogspot. Semoga artikel ini bermanfaat!

1 comments:

  1. Iqra' Khan:

    Okay.... I Want To Try It..
    and thanks You on your information

    ReplyDelete

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP