Loading...

Tips Agar Kritikan Dapat Diterima

Dalam hidup, kritikan adalah hal yang biasa. Nah, lain dikritik, lain pula mengkritik. As we know, walau kritik sebenarnya merupakan hal yang berguna untuk membangun kepribadian kita lebih baik lagi, menerima kritik dari orang lain itu nggak pernah mudah! Perhatiin tips di bawah ini supaya kritik kamu bisa diterima.
  • Waktu Penyampaian yang Tepat
Saat meeting, rekan setim kamu menerima kritik dari si bos. Rasa percaya dirinya pastilah sedikit terluka. Jangan tambah bebannya dengan memberikan kritik. Bukannya didengarkan, yang ada kamu malah dianggap ikutan menyerang dirinya. Tunggu hingga ruangan sepi atau momen makan siang bersama untuk menyampaikan kritikmu.
  • Lakukan Empat Mata
Sampaikan kritik secara pribadi. Walau yang disampaikan adalah hal yang benar, selamatkan harga diri sasaran kritik kamu dengan tidak mengkritiknya di depan umum.
  • Sisipkan Pujian
Tunjukkan sedikit simpati dengan memberikan pujian atas apa yang telah ia lakukan. Selain merasa dihargai, ia akan lebih mudah untuk menerima kritikan. Buat ia merasa kalau kamu tidak hanya memperhatikan kesalahannya tetapi juga kerja kerasnya.
  • Watch Your Words
Kritik termasuk hal yang paling sensitif. Berhati-hatilah dalam menyampaikannya. Pahami karakter rekan yang akan kamu kritik. Jika ia orangnya temperamen atau mudah tersinggung, rencanakan kata-kata kamu dengan sebaik-baiknya agar kalian berdua tidak terjebak keadaan yang malah ‘panas’.

Jika sudah memperhatikan langkah-langkah di atas, kamu bisa mencoba mengutarakan kritik kamu kepada rekan kerjamu di kantor. Semoga ia menerima dengan lapang dada agar kinerja kalian semakin berkembang menjadi positif. Selamat mencoba!


Sumber : Facebook
-->

0 comments:

Post a Comment

*Sebelum pergi, Harap Tinggalkan Link dan Komentar Anda*

 
TOP